Sabtu, 19 Oktober 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
 Sekolah :SD NEGERI GANDASOLI
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :IV / I
 Waktu :2 x 35 menit
A.Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.
 B.Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
 C.Tujuan Pembelajaran** :  Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan  Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah  Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat Karakter siswa yang diharapkan :  Bersahabat/ komuniktif. Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :  Percaya Diri
 D.Materi Pokok  Gambar / Denah
 E.Kegiatan Pembelajaran  Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.  Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.  Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.
 F.Langkah-langkah Pembelajaran 
 Kegiatan Awal Apersepsi dan Motivasi : - Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat. - Bertanya jawab seputar denah yang diamati. 
 Kegiatan Inti 
 Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. 
 Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri. Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.  Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!  Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru 
 Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan 
Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
 G.Penilaian Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
 • Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang
 • Membuat gambar / denah Tertulis dan penam-pilan Uraian dan Lembar observasi
 • Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
 • Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!  Gambar denah buatan sendiri
Aspek Penilaian Hasil / Nilai Keterangan
1. Kesesuaian gambar dengan petunjuk yang dibacakan.
 2. Tanda penunjuk arah ke sebuah lokasi Bu- mi Perkemahan  Penampilan Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
 Aspek Penilaian Hasil / Nilai Keterangan
 1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian
H.Sumber / Alat 
 Buku paket 
 Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN 
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
 No. Aspek Kriteria Skor
 1. Konsep
 * semua benar
 * sebagian besar benar
 * sebagian kecil benar
* semua salah

rpp: SILABUSStandar komptensi : mengenal sumber energi...

rpp: SILABUS
Standar komptensi : mengenal sumber energi...
: SILABUS Standar komptensi : mengenal sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. komptensi dasar     : mengidentifik...

rpp: silabus dan rpp tematik kelas 2

rpp: silabus dan rpp tematik kelas 2:       SILABUS Standar komptensi : mengenal sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. komptensi dasar     : mengid...