RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :SD NEGERI GANDASOLI
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :IV / I
Waktu :2 x 35 menit
A.Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.
B.Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
Karakter siswa yang diharapkan :
Bersahabat/ komuniktif.
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Percaya Diri
D.Materi Pokok
Gambar / Denah
E.Kegiatan Pembelajaran
Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.
F.Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
- Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
- Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri.
Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
G.Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang
• Membuat gambar / denah
Tertulis dan penam-pilan Uraian dan Lembar observasi
• Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
• Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!
Gambar denah buatan sendiri
Aspek Penilaian Hasil / Nilai Keterangan
1. Kesesuaian gambar
dengan petunjuk
yang dibacakan.
2. Tanda penunjuk arah
ke sebuah lokasi Bu-
mi Perkemahan
Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian Hasil / Nilai Keterangan
1. Kejelasan ucapan
2. Kewajaran intonasi
3. Keberanian
H.Sumber / Alat
Buku paket
Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
Sabtu, 19 Oktober 2013
rpp: SILABUSStandar komptensi : mengenal sumber energi...
rpp: SILABUS
Standar komptensi : mengenal sumber energi...: SILABUS Standar komptensi : mengenal sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. komptensi dasar : mengidentifik...
Standar komptensi : mengenal sumber energi...: SILABUS Standar komptensi : mengenal sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. komptensi dasar : mengidentifik...
rpp: silabus dan rpp tematik kelas 2
rpp: silabus dan rpp tematik kelas 2: SILABUS Standar komptensi : mengenal sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. komptensi dasar : mengid...
Langganan:
Postingan (Atom)