- Standar komptensi : mengenal sumber energi yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
- komptensi dasar : mengidentifikasikan sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
- Nilai Budaya dan Karakter Bangsa : Kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, peduli loingkungan, tanggug jawab.
- Materi pokok dan uraian materi : Sumber energi dan kegunaannya
- Kegiatan Belajar : Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
- Indikator Pencapaian Komptensi : Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
- Penilaian : Tertulis, perbuatan dan lisan.
- Sumber/ Bahan/Alat : Buku tematik kelas dua, pengembangan guru, gambar, siswa.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Nama Sekolah : SDN Gandasoli
Kelas : 2/2
Tema : Lingkungan
Waktu : 4 minggu
Standar Komptensi
IPA
- Mengenal berbagai sumber energi yang di jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
Komptensi Dasar
- Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
- Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering du gunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
IPA
- Siswa dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya
- Siswa dapat memberikan alasan yang tepat tentang penggunaan energi
- Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan dan Tanggung jawab.
- Sumber panas dan energi serta kegunaannya
- Demonstrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
A. Kegiatan awal
Apersepsi/Motifasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdoa, mengatur tempat duduk, mengabsen
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke 1
- Eksplorasi
- Melalui penjelasan guru di harapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering di gunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.
- Melalui penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik di harapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut
- Guru menjelaskan energi yang sering di gunakan sehari-hari serta memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
Dalam kegiatan elaborasi, Guru :
- membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas tertentu yang bermakna
- mempasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
- memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
- memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
- memfasilitasi peserta didikmembuat laporan eksplorasiyang di lakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan akhir, guru ;
- Mengadakan tanya jawab sekitar materi yang telah di sampaikan.
- Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah di lakukan siswa
- Memberikan tugas atau PR
- Buku paket
- Alat peraga
- Media cetak
- Media elektronik
- lingkungan sekitar
- Kreatifitas guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar